Tips Ekstrim SEO
Tingkatkan kunjungan/traffic blog anda dengan cara basi, gila, alami namun terbukti sangat efektif. Hanya ada di Indonesia ...GRATIS...!!![...Selengkapnya disini...]

Sabtu, 05 September 2009

10 Konsep Marketing Untuk Usaha Kecil

Lebih dari beberapa dekade semakin banyak orang yang dipecat, perampingan perusahaan atau bosan dengan pekerjaan korporat dan mengambil jalan sebagai pengusaha. Sayangnya, kebanyakan pengusaha baru gagal dalam membuat marketing plan atau strategi. Ada banyak konsep marketing untuk usaha kecil dan perencanaannya, tapi disini kami mendata 10 konsep marketing teratas untuk UKM.


Konsep Marketing # 1: Konsistensi

Konsistensi adalah konsep marketing nomor satu untuk pemasaran untuk usaha kecil hanya karena ini meningggalkan konsep marketing untuk banyak bisnis. Saya sudah bekerja dengan banyak klien, besar dan kecil, yang tidak konsisten dengan semua area marketingnya. Konsistensi membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas branding.

Konsep Marketing # 2: Perencanaan

Ketika pengusaha memutuskan untuk konsisten dengan marketingnya, perencanaan adalah konsep selanjutnya yang penting untuk dilakukan.Perencanaan adalah bagian vital dalam pemasaran usaha kecil atau level marketing manapun, karena itu, dan banyaknya pengusaha, manajer marketing yang membuat perencanaan yang buruk. Luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran, dan konsep-konsep lainnya yang dijabarkan disini.

Konsep Marketing # 3: Strategi

Strategi dengan segera mengikuti perencanaan karena strategi Anda adalah dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing Anda. Pada proses perencanaan, Anda harus mengembangkan strategi Anda: siapa target Anda, bagaimana Anda membidik mereka, dan bagaimana Anda menjaga mereka sebagai pelanggan Anda.

Konsep Marketing # 4: Target Market

Target market adalah konsep kunci lainnya untuk marketing usaha kecil. Dengan mendefinisikan secara tepat siapa yang Anda tuju memungkinkan pengusaha kecil untuk fokus pada konsumen tertentu dan mengurangi marketing yang sia-sia. Target market yang terdefinisi dengan jelas akan membuat konsep marketin menjadi lebih mudah diimplementasikan.

Konsep Marketing # 5: Anggaran

Meskipun terdaftar diurutan no 5, anggaran adalah penting untuk proses keseluruhan. Menciptakan anggaran marketing biasanya adalah bagian yang terberat dan paling tidak akurat di dalam usaha kecil. Kebanyakan pengusaha kecil kurang memiliki pengalaman dalam hal pemasaran, sehingga yang sering terjadi anggaran menjadi kacau. Bagian terpenting dalam konsep marketing ini adalah menetapkan anggaran marketing. Dari sini, Anda bisa khawatir bagaimana Anda mendistribusikan dana yang tersedia.

Konsep Marketing # 6: Marketing Mix

Marketing mix biasanya dijabarkan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, Anda harus memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain tahu tentang Anda dan produk Anda.

Konsep Marketing # 7: Website

Di pasar saat ini, bisnis dalam ukuran apapun harus memiliki website. Saya tidak suka saat melihat sebuah bisnis yang memiliki satu halaman website dengan informasi yang tidak up to date. Konsumen, apakah sebagai bisnis atau pengguna, lebih dari 60% mencari informasi dari internet sebelum membuat keputusan membeli. Konsep marketing ini berdiri dari beberapa komponen tambahan, tapi setidaknya Anda harus mengembangkan sebuah web kecil atau sejenisnya dan selalu meng-updatenya.

Konsep Marketing # 8: Branding

Banyak pengusaha kecil yang juga mengingkari konsep ini. Marketing usaha kecil harus fokus pada konsep marketing ini seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar. Branding terdiri dari gambar, logo, skema desain, layout, make up, dan bambar produk bahkan perusahaan Anda. Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan Anda. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada jenis brand apa yang Anda bangun melalui masing-masing langkah perencanaan dan implementasi.

Konsep Marketing # 9: Promosi dan iklan

Promosi dan iklan adalah konsep marketing yang kompleks, tapi harus dipertimbangkan di berbagai jenis bisnis dan produk serta jasanya. Ketika Anda menghadapi 8 konsep marketing, Anda pada akhirnya membuat target market Anda tahu Anda dan produk Anda. Promosi dan pengiklanan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif, dan meningkatkan sales.

Konsep Marketing# 10: Customer Relationship Management (CRM)

Konsep customer relationship management telah menjadi industri yang besar dalam dunia marketing. Ada banyak piranti lunak dan jasa yang ditawarkan untuk membantu bisnis dengan berbagai ukuran dalam menangani customer relationship management. Karena ketersediaannya yang begitu besar, biasanya dibutuhkan sejumlah uang yang besar, pengusaha kecil biasanya melihat konsep ini sebagai sesuatu yang terlalu besar bagi mereka atau memerlukan dana yang besar untuk implementasinya. Jangan terjebak dengan industri masal yang dikembangkan dari konsep ini. Menjaga customer relationship management yang tepat adalah penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.

Tentu saja marketing Anda tidak berhenti di sini. Masing-masing bisnis unik dan memiliki komponen tambahan yang harus dipertimbangkan, tapi daftar ini akan memulai marketing plan.


Sumber: www.articlebase.com
Diterjemahkan oleh: Iin - Tim Pengusaha Muslim.com


Comments :

3 komentar to “10 Konsep Marketing Untuk Usaha Kecil”

NURA mengatakan...
on 

salam sobat
trims infonya ya,,
saya jadi tahu 10 konsep marketing, karena baca di artikel sobat ini.

salam kenal dari NURA
selamat menunaikan ibadah puasa.

netmild mengatakan...
on 

wah marketing ya mantap nich perlu di pertimbangkan makasih infonya

Duasatu12 mengatakan...
on 

Terima kasih kembali sobatz, saya hanya menyampaikan dan mudah2an bisa bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang artikel diatas!

Get your account:

Photobucket
Photobucket
 

Copyright © 2009 by Swamitra Mandiri